jam

flash"/>/td>
get this clock

Senin, 23 Juli 2007

hargai diri dong

Harga Diri? Memang Segitu Pentingnya?

Sering banget orang-orang di sekitar kita bilang agar kita punya harga diri. Sebenarnya harga diri itu apa, sih?

Kata para ahli harga diri ini berkaitan dengan dua hal, yaitu perasaan kompetensi pribadi dan perasaan nilai pribadi. Atau dengan kata lain harga diri itu merupakan perpaduan antara kepercayaan diri dan penghormatan diri. Mempunyai harga diri yang kuat artinya merasa cocok dengan kehidupan dan penuh keyakinan, yaitu mempunyai kompetensi dan sanggup mengatasi masalah-masalah kehidupan.

Dalam proses pertumbuhan dan proses kehidupan kita, ternyata tidak mudah dalam membentuk sikap diri yang positif. Karena kita mungkin mempunyai pandangan yang tidak menyenangkan terhadap diri kita sendiri karena pengaruh komentar teman-teman, ortu, saudara atau orang lain. Bisa juga karena kita merasa gagal, tidak dapat berbuat apa-apa, merasa tidak dapat bertanggung jawab terhadap sesuatu yang ditugaskan, atau tidak bisa berkata jujur dan sebagainya.

Harga diri ini sebenarnya tidak hanya menjadi masalah kita, tapi hampir melanda semua orang di semua tingkatan umur. Harga diri pada tingkat apa pun merupakan pengalaman paling pribadi yang berada dalam inti kehidupan kita. Harga diri adalah apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang diri kita sendiri, bukan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain tentang siapa kita sebenarnya. Tak seorang pun yang dapat mengendalikan kita dan memercayai kepercayaan dan kecintaan kita terhadap diri sendiri.

Tergantung kita

Kita dapat dicintai oleh keluarga, pacar, teman-teman kita. Kita bahkan dapat dikagumi oleh teman, tapi tetap saja kita dapat menganggap diri kita sebagai orang yang tidak berharga. Kita dapat memancarkan citra keyakinan dan bersikap membodohi orang lain, tetapi secara sembunyi-sembunyi kita cemas karena ketidakberdayaan kita. Kita kadang dapat memenuhi harapan-harapan orang lain, tapi masih belum dapat memenuhi harapan-harapan kita sendiri. Kita dapat saja dipuja oleh banyak teman, tapi masih tetap bangun setiap pagi dengan rasa cemas, ketakutan, dan kehampaan.

Yang menyedihkan banyak orang mencari kepercayaan dan penghormatan diri ke segala penjuru dunia selain dirinya sendiri sehingga mereka gagal dalam pencarian ini. Kita akan melihat bahwa harga diri yang positif paling baik dipahami sebagai salah satu bentuk dari pencapaian spiritual atau memahami harga diri sebagai suatu kondisi kesadaran. Sehingga kita akan berhenti mengatakan, "Kalau aku memiliki teman yang lebih keren, kalau aku punya pacar lagi, kalau aku mendapatkan penghargaan lagi, kalau aku mendapatkan mobil yang bagus, maka aku akan sungguh-sungguh berbahagia dengan diriku sendiri". Kita akan menyadari bahwa pernyataan itu sangat tidak rasional, maka "semakin banyak" keinginan yang akan mengusik hati kita.

Jika kita mendalami benar hakikat sejati harga diri, maka kita akan tahu bahwa harga diri tidak bersifat kompetitif (persaingan) dan komparatif (perbandingan). Harga diri yang sejati tidak diungkapkan melalui pemujaan diri dengan mengorbankan orang lain atau dengan mengagungkan seseorang jauh lebih unggul dari orang lain atau menyengsarakan orang lain untuk membahagiakan seseorang. Arogansi (kesombongan) dan terlalu mengagungkan kemampuan hanyalah menggambarkan betapa rapuhnya harga diri kita dan bukannya mencerminkan kokohnya harga diri kita.

Perlu kesadaran

Salah satu karakter harga diri yang sehat adalah harga diri merupakan keadaan seseorang yang tidak memerangi diri sendiri maupun orang lain.

Ada empat kata yang sangat tepat untuk menggambarkan apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan harga diri dan membangkitkan lebih dalam kepercayaan diri dan penghormatan diri. Keempat kata itu adalah hidup dengan penuh kesadaran. Dalam situasi tertentu, hidup dengan penuh kesadaran berarti membangkitkan kondisi pikiran yang sesuai dengan tugas yang kita hadapi, misalnya mengerjakan PR, berteman, pacaran, belajar bahasa Inggris, main basket, main musik dan seterusnya, semuanya membutuhkan kondisi-kondisi pikiran yang berbeda dan proses-proses mental yang berbeda.

Hidup dengan penuh kesadaran adalah bertanggung jawab terhadap kesadaran yang sesuai dengan tindakan yang kita lakukan. Pada dasarnya semua ini merupakan dasar kepercayaan diri dan penghormatan diri.

Jadi, harga diri adalah suatu fungsi, artinya bukan suatu yang kita bawa sejak lahir, tapi bagaimana kita menggunakan kesadaran kita. Pilihan-pilihan yang kita ambil yang mempunyai keterkaitan dengan kesadaran, sikap kejujuran kita terhadap kenyataan dan tingkat integritas pribadi. Hidup dengan penuh kesadaran secara tidak langsung berarti menyadari fakta-fakta realistis, fakta-fakta batiniah dan juga fakta-fakta dunia luar kita.

Ini tidak berarti kita harus menyukai apa yang kita lihat, tetapi harus mengenali perbedaan-perbedaan mana yang kita sukai dan mana yang tidak kita sukai. Juga kesadaran bahwa keinginan-keinginan, ketakutan-ketakutan atau penolakan-penolakan tidak akan bisa mengubah fakta-fakta.

Menerima diri

Coba berdiri di depan cermin dan perhatikan seluruh bagian tubuh kita yang tampak di cermin. Pasti ada bagian-bagian tubuh yang kita sukai. Tapi tidak dapat dimungkiri juga bahwa ada juga bagian tubuh yang tidak kita sukai. Dalam hati kita mungkin bilang bagaimana kita bisa menerima diri kita kalau ada bagian-bagian tubuh yang enggak asyik?

Menerima tidak harus berarti menyukai, menerima bukan berarti kita tidak boleh membayangkan atau menginginkan perubahan-perubahan atau perbaikan-perbaikan pada diri sendiri. Menerima berarti menghayati tanpa penolakan atau pengingkaran bahwa kenyataan tetaplah kenyataan. Kalau kita tidak mengingkari kenyataan itu artinya kita menghargai realitas.

Jadi, punya harga diri itu memang penting.

CHATARINA WAHYURINI dan YAHYA MA’SHUM PKBI Pusat
Sumber: Kiat Jitu Meningkatkan Harga Diri (Nathaniel Branden)

Search :

Berita Lainnya :

·

Dor, Aku Ditembak Cewek

·

Harga Diri? Memang Segitu Pentingnya?

·

Rahasia Kecepatan Atlet Lari

·

Komik "Underground"

·

CURHAT



Tidak ada komentar:

flash"/>/td>
get this clock